Monday, May 01, 2006

Filsafat.Hukum

Hm..senin lalu gue baru ujian tengah semester gue yang pertama. And the luck subject was " Filsafat Hukum ". Weleh2, pasti meski cuma baca judulnya kalian udah mengerutkan dahi ( loh, engga percaya ? coba dicek di cermin terdekat ). Dan, gue memang lumayan pusing juga dengan mata kuliah ini. Bukan apa2 tapi mata kuliah ini reputasinya hebat bener. Kalo belum ngulang 2 kali berarti ga bakal bisa lulus.
Tapi, sebenernya gue juga engga terpengaruh sih ma kata2 itu. Perasaan banyak banget mata kuliah yang dibilangin kayak gitu, tapi gue lulus2 aja. Nah, tapi seiring waktu berjalan ternyata ni mata kuliah bener2 "mempusingkan" ( bagi yg ga ngerti yo weslah..la ini kata2 buatanku ndiri ). Bayangkan ( Bayangkan hoi..jangan mbaca tok !!! ) sebelum UTS kita ada pertemuan 6 kali. Nah, anehnya di 4 pertemuan awal, kita selalu dijelasin apa arti Filsafat dengan pembicara yang berbeda - beda. Tiba - tiba kita dikasi tugas Freeport yang intinya disuruh menganalisis kasus itu berdasarkan epistemologi, aksiologi n ontologi.
Asli, yang muncul di pikiran gue waktu itu " Lah, kita dikasi pengantar aja. Sekarang dikasi tugas. Padahal dosennya belum sampe nganternya ke materi itu ". Alhasil, gue mengarang indah pas tugas itu. Sulit ? Jelas, untung ada bantuan kiri kanan jadinya jadi juga tugas berjumlah 6 halaman.
Nah, back to ujian hari Senin maren. Ternyata...soalnya bener2 buat gue ketawa - ketawa ga jelas. Soalnya cuma 1 biji dengan durasi waktu 90 menit. N soalnya lagi2 nyangkut epistemologi, aksiologi n ontologi. Dalam kepala mikir lagi " Pak...Buk...kapan sampeyan ngajari ini ? Kok metu nang ujian rek ? ". Memang, di buku tu ada tapi ga jelas sama sekali. Apalah yang kamu bisa dapatkan dari sebuah definisi ? Alhasil, sepanjang waktu gue mengarang indah dengan sebentar - sebentar mengambil waktu untuk mengamati raut wajah teman - teman yang lain. Ternyata, semua sok sibuk..entah beneran bisa ( rasanya ga ada yg bisa.. ) atau mereka sibuk ngarang jawaban atau malah surat cinta ?
Yah...Filsafat Hukum..nasibku bu..bu...
catatan sikil alias Footnote:
mempusingkan = membingungkan
Pak..Buk...kapan sampeyan ngajari ini ? Kok metu nang ujian rek ? = Pak, bu kapan anda mengajari ini ? Kok keluar di ujian ?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home