Sunday, May 07, 2006

artis.Indonesia

Tehe..
hal, ini udah mengusik pikiran gue sejak 2 tahun lalu. Akhirnya, gue putusin buat ditulis aja deh.
Gue nih heran banget sama dunia musik n film Indonesia yang cuma gitu - gitu aja perkembangannya. Kenapa gue bilang cuma gitu - gitu aja ? Soalnya dunia musik n film Indonesia cuma jago kandang. Dielu-elukan di negeri sendiri, tapi jadi bayi di dunia luar Indonesia ( bukan dunia lain ye...).
Gue jadi terheran - heran, ketika seorang Christian Bautista bisa masuk dengan mudah ke Indonesia. Padahal, to be honest kualitas musikalitas dia dibandingin Glen Fredly kita ? Jaoh banget. Yang lebih mengherankan lagi, di albumnya itu ada Bahasa Tagalognya tapi tetap laris masuk di Indonesia. Siti Nurhaliza juga bisa manggung sampai London padahal secara atraktif panggung dan kualitas suara masih di bawah Krisdayanti kita tercinta.
Di mana salahnya ? Apakah artis - artis kita engga punya kemauan ? Gue yakin bukan ini alasannya. Manusia itu adalah makhluk yang tidak akan pernah puas. Pastilah keinginan itu ada. Anggun ? Well, gue anggap dia bukan berusaha beneran dari Indonesia. Secara dia kawin ma orang Perancis barulah dia naik karir musikknya an dengan jenis aliran musik yang berbeda ketika di Indonesia. Artis Indonesia yang secara jelas sudah menapaki karir internasionalnya itu Agnes Monica, meskipun banyak diejek ma orang karena penampilannya cuma sedikit di Romance in the White House, tapi gue anggap itu suatu keberhasilan yang cukup besar. Sekarang, enak banget kan kalo si Agnes yang notabene bukan siapa2 di Cina terus dapat pemeran utama, memangnya dia siapa di sana. Ketika, seorang artis mau untuk go international, istilahnya dia kembali menjadi bayi yang bakal berusaha untuk merangkak dan berditi tegak.
Mungkin bakal ada yg berargumen..Loh, Dewa manggung di Amrik lho. Well, face the fact..yang jadi penonton di sana juga masih orang2 Indonesia..jadi it doesnt count ya...sama aja cuma pindah tempat manggung doang. Engga kayak si Agnes, yang meski penampilan ( gue itung dia muncul di 7 episode ) tp at least dinikmati ma penduduk Asia laennya. Belum lagi nanti serialnya yang bareng Jerry Yan.
Di mana salahnya ya ?
1. Menurut gue, manajemen artis Indonesia ini engga kuat. Mereka belum berani untuk ber-manuver ke luar negeri. Karena dengan mencoba pasar luar negeri artis mereka bakal balik ke 0 lagi posisinya n bukan super star kayak di Indonesia.
2. Bagian advert juga kurang kuat. Banyak dari musisi2 kita engga ada website. padahal, website itu mutlak perlu sebagai referensi. Bagaimana mungkin kita mau memperkenalkan kalo orang2 luar engga tahu gimana model artis kita itu ?
Well, gue pingin lihat. Apakah Indonesia akhirnya bisa menembus pasar luar negeri ? Dan bukan hanya menjadi sasaran bagi musisi luar negeri ?

1 Comments:

At 8:51 PM , Blogger BRESCIA Laundry Kiloan said...

BRESCIA LAUNDRY melayani jasa laundry untuk hotel,restaurant,rumah tangga,boneka,tas,sepatu,ducting AC,kasur,karpet,sofa,dll.untuk pakaian sehari hari anda kami tawarkan sistem kiloan dengan tarif Rp.4000/kg min 4kg bebas biaya antar jemput.dalam 2 hari kami kembalikan pakaian anda dengan keadaan siap pakai.hubungi JOHN 022 92475450 / 085220561310 BANDUNG

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home