Thursday, July 20, 2006

my.childhood

wedeh..sekarang di koran lagi rame tentang apa to pengaruh Televisi terhadap anak2 ? rata - rata semua bilang kalo televisi itu engga baik buat anak2..karena bisa membuat pembodohan. Dan engga sombong, gue selalu ranking dulu di sekolah.

Nah, back to the topic. Kenapa my childhood ? Yah, gue mau ceritain dikit masa kecil. Waktu gue kecil, gue termasuk beruntung..orang tua tidak pernah membatasi apa yang mau gue tonton ( tapi kalo film XXX ya pasti ndak boleh ). Alhasil sejak kecil, gue sudah ntn yg namanya Doraemon sampe Knight Rider atau Mcgyver. Dan orang tua gue cuma memberi batasan " kalo pas ada ulangan harus belajar, tapi kalo engga ada ulangan terserah mau nonton jg boleh "

Lain lagi sama tante gue. Mungkin gara2 globalisasi dia jd menerapkan aturan yang ketat ke anakknya. Engga boleh nonton kartun yg ada kekerasannya. Engga boleh nonton yang ada adegan bawa pistolnya. Toh, ternyata hasilnya anakknya tetap nakal minta ampun. Suka kasar ma orang, semisal kalo dipanggil engga mau noleh, kalo dikasi makan nendang2.

Gue jadi bertanya2, apa iya TV itu bener2 mempengaruhi kita ? Gue menganggap TV itu engga lebih dari sebuah kotak. Dan tidak bisa mempengaruhi sama sekali. Lah kalo kita sampe dipengaruhi sama televisi ya kita yang bodo banget to...kita manusia yang punya otak kok kalah sama benda mati. Dan, sekarang meski dulu gue suka nonton TV juga udah berkurang bahkan hampir seminggu nonton Tv cuma sekali aja.

Setelah gue pikir2, faktor yang membuat gue ga bodoh dengan adanya TV itu adalah keberadaan orang tua. Mami gue itu orang yang disiplin, sejak kecil gue selalu diajarkan untuk disiplin ( meski sampe skrg masi slebor juga ) sehingga gue tahu sampe mana kewajiban gue. Jadi, bagi orang tua jangan pertanyakan " Apa pengaruh TV ke anak saya ? " tp mulailah pertanyakan " Apa pengaruh saya terhadap anak saya ? ".

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home